5/01/2012


Pengertian: Topologi jaringan komputer adalah bentuk perancangan baik secara fisik maupun secara logik yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. 


Jenis Topologi Jaringan:

1. Topologi BUS

Topologi BUS adalah topologi dimana setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama.·         


2. Topologi RING
  Topologi ring adalah Topologi yang  menghubungkan satu node ke node selanjutnya dan node terakhir ke node pertama. Hal ini membuat suatu ring physical pada topologi yang dimaksud. Akibatnya, apabila terjadi kerusakan pada satu node, maka seluruh jaringan akan terganggu.




3. Topologi Star.
Topologi STAR adalah topologi dimana beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat computer (Server). Kontrol yang ada akan dipusatkan pada server, seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju.


 

4. Topologi Mesh
Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links). Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports). 
  
Semoga bermanfaat Sob,,,,

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers

Popular Posts

Recent Posts

free hit counter
Google Translator

Sample Text

EBook--Openbooknesia.com

Unordered List

Definition List